Jumat, 25 Maret 2011

operasi sistem android


Operasi sistem Android adalah os yang berbasis Linux yang didukung oleh google, yang bisa dikembangkan oleh user. dan saat ini os yang paling familiar adalah android, dengan dilambangkan robot hijau, yang seolah olah dapat berkemampuan seperti manusia.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).




adapun beberapa seri/tipe os android yaitu :

  1. Android versi 1.1
  2. Android versi 1.5 (cupcake) : pada sistem operasi ini terdapat updetan / pembaruan fitur meliputi kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke youtube dan gambar ke picasa langsung dari telepon, dukungan bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.
  3. Android versi 1.6 (Donut) : pada sistem operasi ini ada penambahan dan perbaikan fitur yang lebih baik lagi dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.)
  4. Android versi 2.0/2.1 (eclair) : pada sistem operasi ini juga ada sedikit perubahan dan perbaikan. perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1. 
  5. Android versi 2.2 (froyo : frozen yoghurt) : pada sistem operasi ini, juga terdapat perubahan yang dilakukan untuk lebih mengoptimalkan kinerja os android versi 2.2 ini, yaitu Perubahan-perubahan umumnya terhadap versi-versi sebelumnya antara lain dukungan AdobeFlash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 Javascript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.
  6. Android versi 2.3 (Gingerbread) : pada sistem operasi ini sedikit mencolok ke Multimedia, yaitu Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.
  7. Android versi 3.0 (Honeycomb) : untuk sistem operasi yang satu ini adalah os yang khusus untuk tablet PC. karena Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorolla Xoom.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar